google.com, pub-1893245455039692, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tradisi 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan di Gresik -->


Tradisi 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan di Gresik

Alhamdulillah nggak kerasa puasa udah dapet 20 hari. Nanti malam udah masuk malem likuran. Nah di malam likuran atau 10 hari terakhir bulan Ramadan ini banyak sekali tradisi khas Gresik yang sayang untuk dilewatkan.
.
1. #Kedundangan - tiap sore di 10 hari terakhir Ramadan. Semacam musik patrol yang berkeliling di sekitar Lumpur, Kroman, Kemuteran, dan sekitarnya mulai sore hingga waktu berbuka puasa sambil membawa kotak amal. Dulu hampir di setiap masjid atau langgar di Lumpur punya kelompok #kedundangan sendiri. Bagaimana sekarang ya?
2. #KolakAyam atau #Sangring - Tradisi kuliner sejak zaman Sunan Dalem yang hanya muncul di malam 23 Ramadan. Tahun ini jatuh pada hari Kamis, 7 Juni 2018.
3. #MalamSelawe - Tradisi mencari Lailatul Qodar santri Sunan Giri yang berlangsung hingga sekarang. Tahun ini akan berlangsung pada tanggal 9 Juni 2018.
4. #PasarBandeng - Tradisi ini seolah menjadi puncak rangkaian tradisi khas Gresik selama Ramadan. Biasanya dimulai pada malam 27 hingga malam 29 Ramadan. Untuk tahun ini akan berlangsung tanggal 11-13 Juni 2018 di sepanjang pasar Gresik mulai Jl. Gubernur Suryo - Jl. Samanhudi - Jl. HOS Cokroaminoto - Jl. Raden Santri. Untuk kontes bandeng rencananya akan berlangsung hari Rabu, 13 Juni 2018 di pertigaan Garling.
.
Nggak sabar ya, Rek 😍😍😍
.
Foto: @cak_maki.
.
#infogresik #gresik #ramadan #culture #tradition #heritage #pusakan #photooftheday

Silakan Salin URL di Bawah dan Share

URL:
HTML link code:
BB (forum) link code:
Meski Blog ini tidak se profesional seperti website lain, Insya Allah blog ini bisa menjadi ladang untuk mencari ilmu.

Terima Kasih atas kunjungannya